Cara Mudah Membuat Dual Boot Atau Lebih Pada Windows Dengan Grub2Win 100% Aman Dan Mudah Di Gunakan

2/15/2017

cara membuat dual boot
Untuk yang pada perangkatnya terinstall lebih dari satu sistem operasi tentu sudah tahu bagaimana caranya membuat dual boot. Kalau sobat baru pertama kali menginstall lebih dari satu sistem operasi pada perangkat sobat dan tidak tahu membuat dual boot, jangan saya akan membahas dan menjelaskannya.

Dual boot adalah proses di mana pada waktu booting akan ada beberapa pilihan sistem operasi, sebagai contoh kalo di perangkat sobat telah terinstall sistem operasi windows,linux,android x86, maka waktu booting akan muncul 3 pilihan OS tersebut.

Silahkan sobat download dulu toolsnya pada link yang saya sediakan di bawah


Setelah di download sobat ekstrak filenya, pilih folder yang di ekstrak tekan dan tahan tombol shift kemudian klik kanan di sembarang dan pilih open command window here.
cara membuat dual boot

Maka akan muncul command prompt, kemudian sobat ketikan setup dan  tekan enter.
cara membuat dual boot
cara membuat dual boot

Maka akan tampil layar baru seperti gambar di bawah. C : adalah directory di mana kita akan menginstall Grub2Win, saya sarankan biarkan saja default seperti itu lalu pilih setup dan proses penginstallan di mulai.
cara membuat dual boot

Setelah proses penginstallan selesai sobat pilih close the setup program
cara membuat dual boot

Sekarang buka grub2win yang sudah di install, pada tahap ini kita akan membuat dual boot. Setelah terbuka sobat pilih Manage Boot Menu.
cara membuat dual boot

Maka akan tampil menu berikutnya, pada gambar di bawah secara default windows boot manager sudah terinstall. Untuk membuat booting baru sobat pilih yang kedua kemudian klik edit.OS type slahkan sobat isi dengan jenis OS yang sobat gunakan, sebagai contoh saya menggunakan android maka saya pilih Android. Untuk setingan lainnya silahkan sobat sesuikan dengan selera sobat, unuk linux boot parm sesuaikan dengan OS sobat kalau 32bit sobat pilih 32bit dan select boot directory adalah tempat di mana sobat menyimpan OS yang akan di dualboot dengan windows, sebagai contoh sistem operasi saya ada di folder marshmallow.
cara membuat dual boot

Setelah semua setingan selesai sobat klik ok dan restart pc sobat. Pada booting pertama akan ada dua pilihan Windows dan Grub2Win, sobat pilih Grub2Win maka akan tampil menu boot yang sudah sobat buat.

Selesai sudah pembahasan dari saya tentang Membuat Dual Boot  Pada Windows Dengan Grub2Win. Semoga artikel yang saya bagikan bisa bermanfaat dan berguna buat sobat. Bila ada yang kurang jelas atau yang mau di tanyakan sobat bisa menghubungi saya lewat email. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Jangan melakukan spam di blog ini..!!!
Tidak ada link dan bicara kotor...
Terimakasih...